Telpon: 08111949232
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

♠ Assalamuallaikum pemirsa Brayan Pool


Kali ini saya akan membahas 6 tahapan membangun sebuah kolam renang dengan budjet yang minim.


Kolam Renang adalah fasilitas rumah yang sangat luar biasa, banyak dari orang yang memiliki penghasilan menengah keatas membuat kolam renang pribadi di halaman rumahnya, alasan nya adalah karena untuk kesehatan dan menjaga anak agar tidak main renang di luar. yaah walaupun waktu liburan saya pun mengajak rekreasi ke kolam renang umum Ô

membuat kolam renang

Rumah yang di halamannya ada kolam renang tentunya akan menjadi daya tarik pembeli rumah saat anda berniat hijrah dari rumah tersebut, dapat di pastikan menjadi aset yang paling berharga serta meninggikan harga rumah tersebut.


Tahun 2019 ini sedang populer kolam renang tipe overflow yang miliki ciri khas yaitu tahan dengan air kotor atau artinya tidak cepat kotor airnya, maka dari itu kolam sistem overflow ini paling banyak minati oran kelas menengah keatas. baik dari sudut desain nya maupun pungsinya lebih bagus ketimbang model skimmer dan semi overflow.


Menurut Asosiasi Profesional Kolam dan SPA di indonesia setidaknya lebih dari 1000 kolam renang umum dan lebih dari 1juta kolam renang pribadi ada di database penduduk Indonesia, itu menurut situs resmi Wikipedia.

Oke, kali ini saya akan curhat sedikit tentang kolam renang yah, Sekitar 2 tahun lalu saya memutuskan untuk menghubungi kontraktor kolam renang yang sudah saya cari sejak lama di google. dan saya masih menyimpan nomor whatsapp mereka. Kemudian saya hubungi mereka dan memastikan mereka datang kerumah saya untuk survey lokasi dan memberikan saya pilihan kolam renang sesuai dengan kemauan saya.

Alhamdulillah tak lama kemudian, setelah berbicara tentang fitur dan fungsi kemudian juga bicara tentang harga saya putuskan untuk deal dengan kontraktor kolam renang (yang saya panggil kerumah).


Disini, yang perlu di garis bawahi adalah masalah biaya. mereka (para kontraktor) ternyata berbeda hasil perkiraan biaya dengan saya yang sudah saya rinci dengan sedemikian rupa. karena mereka menghitung dengan sangat detail, karena tidak ingin mengecewakan saya di belakang nanti (katanya). Kemudian memang benar adanya bahwa membuat kolam renang tidak sedikit biayanya, jadi kita perlu benar-benar berhati-hati dalam masalah memutuskan membuat kolam renang atau tidak nya.


Ketika kontraktor yang datang kerumah saya, mereka berjalan mengitari rumah hingga halaman belakang, “ya, kita bisa membuat kolam disini pak,” katanya dengan antusias. “tapi itu tidak mudah pak“. menurut saya, karena posisi rumah saya paling pojok di komplek dan luas tanahnya pun miring, alhasil nanti kolam nya akan sedikit miring.

Mereka menyarankan agar tidak membuat kolam renang di samping atau di depan rumah saya karena bila anak saya besar nanti jika ingin membuat kamar dapat menambahkan di samping rumah, benar juga “kata saya“.

Setelah beberapa minggu setelah proses survey selesai, saya pun menelpon kontraktor tersebut lagi dan mulailah kami menanda tangain RAB (rancangan anggaran biaya) yang mereka sodorkan ke saya. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti sedikitpun.

Bagi anda yang ingin membuat kolam renang, saya ada sedikit tips sebelum anda memulai membangun sebuah kolam renang, pemikiran dan keuangan yang kuat harus di kedepankan. berikut ini saya akan bahas sedikit tips untuk anda :

1. Pemilihan Kolam Renang

Ada tiga jenis kolam renang yang saya akan bahas untuk anda ketahui, sesuai dengan kolam renang yang sedang populer. sebenarnya ada banyak model kolam renang, namun saya coba 3 dulu saja yah :

* Kolam Renang Model Skimmer

Kolam renang Skimmer adalah kolam renang yang tidak memiliki saluran air untuk air masuk kedalam kolam renang kembali, biasanya kolam ini berbentuk persegi panjang dan di tempatkan di pinggir rumah (tidak di tengah).

Kolam renang ini tidak memiliki fungsi overflow yang mana arus aliran air langsung masuk ke filter tanpa harus masuk kepenampungan air terlebih daulu, Permukaan air pada kolam renang model skimmer ini biasanya hanya menutupi setengah badan kolam renang itu sendiri, tidak sampai full.

kolam renang skimmer

Karena tidak memiliki saluran di sisi kolam, air yang tumpah keluar menjadi sia-sia tetapi tenang saja, anda bisa mengganti nya dengan air sumur atau air ledeng dari rumah anda.

Bagaimana menjaga kolam renang skimmer tetap bersih? Ada beberapa trik yang di gunakan para kontraktor agar menjaga kolam renang skimmer tetap bersih, salah satunya adalah keranjang skimmer air itu dibersihkan dari puing-puing yang besar sebelum dilanjutkan ke mesin filter, kemudian setelah itu filter melakukan tugasnya yaitu mengeluarkan kontaminan yang lebih kecil. Sehingga air yang kembali ke kolam menjadi bersih.

Bagaimana dengan harga? Harga untuk membuat kolam renang ini terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan semi-overflow ataupun overflow, karenanya fitur dari kolam renang skimmer inipun jadi sedikit, namun cukuplah bagi anda dan keluarga menikmati renang bersama-sama tanpa harus mengeluarkan biaya yang ekstra waah.


BACAJUGA : Pilih Kolam Skimmer Atau Overflow Yah !!


* Kolam Renang Model Semi-Overflow

Berbeda dengan Skimmer, Semi Overflow ini adalah kolam renang yang memiliki fitur diatas model skimmer, karena sudah ada fitur filterisasi yang lumayan komplit, air pada kolam ini dapat berjalan sehingga membuat awet air pada kolam renang tipe semi overflow, perbedaan nya yang nyata adalah bahwa tipe semi overflow ini sudah memiliki solokan pada sisi kolam namum belum ada penampungan air untuk filterisasi.

Kolam renang semi overflow ini biasanya banyak di jumpai pada kolam renang umum, seperti kolam renang untuk bagian anak.

Semi Overflow ini adalah kolam renang yang memanfaatkan sisi kolamnya untuk menjadi ekspos, yaitu dengan view seperti air tumpah ke sisi kolam sehingga seolah-olah air pada kolam renang ini mengalir tanpa henti.

Sistem sirkulasi pada kolam renang semi overflow membutuhkan tambahan area yaitu bak penampungan (balancing tank). kegunaan balancing tank ini adalah untuk menampung tumpahan air dari kolam renang, sebelum masuk filter air tumpahan (luberan) tersebut di tampung oleh balancing tank. Kemudian balancing tank akan ditarik oleh mesin pompa untuk disaring mesin filter untuk di bersihkan (di filterisasi) selanjutnya air akan di dorong kembali masuk ke dalam kolam renang melalui inlet (wall inlet) dan floor inlet (lantai kolam).


Kesimpulannya : air kolam renang semua berasal dari balancing tank, maka lama kelamaan kolam renang tidak akan mempu menampung debit air hingga menyebabkan luberan. dan luberan itu akan kembali ke balancing tank.. begitu seterusnya..


Kemudian untuk harga, kolam renang tipe semi overflow ini lebih diatas model skimmer kareng ada penambahan bak balancing tank tersebut dan penambahan 1 mesin pompa lagi untuk menyedot air kedalam mesin filter.

* Kolam Renang Model Overflow

berbeda dari dua jenis kolam diatas, kolam renang overflow sanat pintar dalam hal mengolah air supaya tetap baik apabila digunakan dalam segi kesehatan. hal tersebut menjadi nilai tambah pada kolam renang tipe overflow.

Selain sehat, kualitas dari kolam ini juga sangat bagus. kelebihan nya diantaranya adalah :
⇒ Balancing Tank tetap menampung meski hujan
⇒ Perawatan lebih ringan
⇒ Kendali volume air tetap stabil saat panas
⇒ Sirkulasi dan Filtrasi lebih maksimal
⇒ Chemical cukup lewat balancing tank

Namun sejatinya raja pasti memiliki kekurangan, begitu juga dengan kolam renang ini. masih memiliki kekurangan seperti diantaranya membutuhkan area yang lebih luas untuk filtrasi balancing tank, biaya yang relatif mahal, instalasi plumbing juga lebih rumit bahkan sistem overflow ini paling rentang terhadap kebocoran kolam, biasaya banyak di temukan di bagian gutter dan balancing tank.

kolam renang overflow

Setelah anda mengetahui definisi kolam renang diatas, mari kita lanjut ke pembahasan tips nya.

2. Bandingkan Harga Kontraktor

Sulit untuk menjabarkan berapa harga biaya totalnya untuk menjadi sebuah kolam renang, karena tiap kontraktor berbeda cara pekerjaan nya, biasanya bervariasi sesuai / tergantung wilayah cakupan mereka.


Secara umum, kolam renang tipe overflow lah yang harganya lebih mahal karena fitur nya yang lengkap, dan banyak di pakai untuk pengusahan kolam renang umum tentunya.


Untuk mensiasati hal tersebut diatas, kita dapat bernegosiasi dengan pihak kontraktor dengan cara diskusi hingga bertemu hasilnya yang lebih murah harganya. seperti misalnya : pengurangan daya mesin, perubahan material ataupun lainnya.


BACAJUGA : Berapa Harga Pembuatan Kolam Renang Permeter? 


Untuk sekedar informasi saja, bahwa saya membuat kolam renang overflow di bilangan jakarta selatan dengan ukuran 8 x 3 meter waktu itu menghabiskan uang sekitar 90juta kurang lebih. itu dengan fitur yang lengkap. saran saya untuk anda yang sedang ingin membuat kolam renang segera hubungi saja kontraktor kolam renang anda untuk lebih jelasnya.

3. Periksa Dengan Zonasi

Untuk setiap wilayah pastinya berbeda-beda tentang aturan bangunan dan penetapan wilayah untuk di terima membuat IMB, anda harus mengajukan permohonan izin bangunan dan harus di setujui, disitulah mengapa point ini sangat penting sebelum pekerjaan apapun dimulai.


Aturan zonasi atau penetapan wilayah berbeda dari kota ke kota, tetapi biasanya tak serumit orang yang mengurus izin kolam renang komersil.


Secara umum yang tertulis di IMB adalah, bahwa kolam renang haruslah tertutup dan tidak boleh terpisah dari gerbang utama (didalam gerbang) dan pagar harus memiliki sekita tinggi 4ich.

zona kolam renang

Untuk tingkat perlindungan ekstra, terutama jika Anda memiliki anak kecil atau cucu, pertimbangkan memasang alarm di semua pintu dan gerbang rumah yang mengarah ke kolam renang, dan memasang penutup pengaman listrik di atas kolam. Untuk daftar aturan dan batasan spesifik, hubungi departemen bangunan setempat atau dewan zonasi.

Jika anda belum paham dengan kriteria tersebut anda dapat berkonsultasi dengan saya, sebagai gambaran saja.

4. Desain Kolam Renang

Memilih tempat yang tepat untuk kolam pribadi sama pentingnya dengan kolam umum. Kontraktor kolam berpengalaman dapat memberikan wawasan yang berharga, tetapi pastikan untuk mempertimbangkan tips penempatan kolam berikut:

* Biarkan Di Bawah Matahari: Manfaatkan energi matahari gratis, dengan memilih lokasi kolam yang terbuka untuk matahari dan jauh dari pepohonan. Lokasi seperti itu tidak hanya akan menghangatkan air, itu juga akan mengurangi jumlah daun yang jatuh ke kolam.

* Tutupi Angin: Membangun kolam di lokasi yang berangin sangat meningkatkan penguapan air, yang berarti Anda akan terus-menerus harus menambahkan air kolam untuk mempertahankan tingkatan air kolam. Angin kencang juga bisa membuat Anda merasa dingin dan tidak nyaman saat basah. Buat pagar yang menghalangi angin, atau dengan menanam sebaris semak atau pohon tebal.

* Dataran Tinggi dan Kering: Hindari membangun di daerah dataran rendah, yang bisa mengakibatkan kolam banjir dengan lumpur dan puing-puing selama musim hujan lebat. Hindari juga area mata air, naiknya air tanah akan membanjiri ujung lubang yang digali.

* Jauhkan Listrik: Kolam tidak boleh terletak di bawah sutet, tiang listrik atau kabel listrik, atau langsung di atas saluran listrik yang terkubur, hindari itu semua.

* Buat Kaca Pengintai: Kapanpun dan dimanapun, bangun kolam yang terlihat dari dalam rumah. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi perenang bahkan saat Anda berada di dalam ruangan.

* Akomodatif Asesoris: Saat menentukan penempatan kolam, pastikan ada cukup ruang untuk memasang asesoris, seperti SPA putaran air, seluncuran, papan loncat, ember tumpah, dan lain lain.





6. Siapkan Dana Lebih

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tentang harga, membuat kolam renang benar-benar menguras uang kita (bagi yang pas-pasan seperti saya). karena pada prakteknya nanti dilapangan, kita sebagai customer akan merasa ingin ini dan ingin itu, karena banyak nya fitur kolam renang yang cantik namun sayang nya tidak murah.

Berikut ini ada beberapa list yang tidak masuk dalam RAB waktu dulu, Seperti:

1. Pencahayaan Outdoor
2. Landscape (taman kecil)
3. Jalu, Dek, Pagar
4. Tempat Bilas
5. Tempat SPA
6. Gazebo Dll.

Ada kemungkinan memang kita tidak membutuhkan hal tersebut, namun ketahuilah bahwa kita akan juga mempertimbangkan hal tersebut saat kita masih memiki kelebihan uang.

Kesimpulan Artikel; Bahwa memiliki kolam renang adalah impian setiap orang, yang ingin memanjakan keluarga nya setiap waktu dengan berenang sehat ala Rasulallah SAW.

Demikian artikel ini saya buat, bagi anda yang ingin berkonsultasi tentang Membuat kolam renang, anda dapat menghubungi kontraktor kolam renang saya di link bawah ini, Terima kasih:

jasa kolam renang terbaik
jasa kolam renang terbaik tahun ini
PROMO 45% Akhir Tahun ! Jasa Pembuatan & Service Kolam Renang Indonesia | Penjualan Alat Kolam Renang | Pompa | Filter | Cleaner Set | Obat Kolam Renang | Hubungi : 08111949232 Atau Whatsapp : 08111971308, Konsultasi Gratis 24 Jam Online!
WhatsApp Klik Jika Ada Pertanyaan!