fbpx
Call: 08111949232
Address: Jl. RM. Sudiyanto No.110 - Limo Depok
Hal Penentu Klorin Kolam Renang Anda
blog img

Kami mendapat banyak pertanyaan dari pemilik kolam tentang kadar klorin di kolam mereka setelah mereka memasang klorinator baru atau sel pengganti. Tidak jarang memiliki kadar klorin yang berbeda pada tes air yang berbeda. Jadi apa yang menentukan kadar klorin di kolam dan mengapa kadar klorin bisa berbeda ketika tidak ada perubahan dalam pengaturan?

Kadar garam: Cukup jelas bahwa kita perlu memiliki kadar garam yang tepat agar klorinator dapat beroperasi. Jika Anda telah mengubah klorinator, pastikan kadar garam disesuaikan dengan unit baru. Berbagai merek dan model garam klorinator sering bekerja pada tingkat salinitas yang berbeda.

Fosfat: Jika kadar fosfat tinggi (bersama-sama dengan cuaca hangat dan penggunaan kolam yang tinggi) klorin dapat digunakan dengan melawan ganggang pada tingkat yang dihasilkan oleh klorinator. Kolam tidak harus berwarna hijau. Fosfat adalah makanan yang merangsang pertumbuhan ganggang. Hasilnya adalah Anda bisa mendapatkan klorin yang kurang dari jumlah yang diinginkan di kolam Anda. Dengan kata lain – alga dibunuh oleh klorin yang diproduksi tetapi tidak banyak klorin yang tersisa sesudahnya. Tingkat fosfat yang disarankan dalam air kolam di bawah 200 ppb.

Stabilizer: Klorin dipecah dengan cepat oleh UV. Cara untuk menghentikan ini adalah dengan menggunakan stabilizer yang bertindak sebagai tabir surya untuk air kolam. Level stabilizer yang disarankan adalah 30 -50 ppm.

PH: Klorin lebih efektif ketika PH rendah. Untuk alasan yang jelas, kita tidak dapat memiliki air kolam lebih rendah dari netral, karena PH rendah akan merusak peralatan dan menyebabkan iritasi kulit. Semakin dekat kita menjaga tingkat PH ke netral semakin baik desinfeksi klorin yang akan kita dapatkan. Misalnya, pada 7,4 (pH netral) klorin kira-kira 50% efektif dan pada 8,0 itu hanya sekitar 20% efektif (lihat grafik di bawah). Artinya – semakin tinggi PH semakin banyak klorin digunakan dalam proses sanitasi dan semakin sedikit yang tersisa di air.

efek klorin_1

Waktu pengujian: Pembacaan klorin dalam air kolam Anda berbeda tergantung pada waktu pengujian. Misalnya, jika Anda mengumpulkan air tes di pagi hari ketika klorinator berhenti bekerja, pembacaan klorin akan jauh lebih tinggi daripada jika Anda mengambil sampel di sore hari ketika kolam telah terpapar UV dan mandi sepanjang hari dan semua klorin. sudah digunakan sebelum klorinator mulai bekerja lagi di malam hari.

Akurasi uji: Jika Anda menguji klorin sendiri di rumah, pastikan reagen tidak kedaluwarsa dan disimpan di tempat sejuk dan kering di bawah sinar matahari. Pereaksi yang kadaluarsa dapat menyebabkan pembacaan klorin yang salah.

BACA JUGA : Artikel Kami Lainnya >>>

Untuk menentukan apakah klorinator berfungsi dengan baik, pastikan kadar garamnya benar, seimbangkan alkalinitas total dan PH dan pastikan kadar fosfat di bawah 200 ppb. Kemudian jalankan klorinator semalaman pada output 100% dan ambil sampel air di pagi hari. Jika Anda masih membaca kadar klorin rendah atau tidak, maka kemungkinan besar ada masalah dengan klorinator atau sel elektrolit Anda.

WhatsApp Hubungi Kami Via Whatsapp