Telpon: 021-77888609
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

Alat Kolam Renang Overflow & Skimmer

Kolam Renang adalah adalah hal yang mewah bagi sekelompok orang, banyak orang ingin sekali memiliki kolam renang di halaman rumahnya, menikmati suasana santai dan bermain dengan keluarga di dalam air sungguh itu adalah hal yang mewah.

Dengan mewah nya sebuah kolam renang menjadikan mereka (kolam renang) melambung harga pembuatan dan infrasruktur nya. Boleh jadi kolam renang mahal karena hanya bisa dibuat oleh profesional.



Anda tentunya sudah paham tentang apa itu kolam renang, saya akan menjabarkan proses dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang, kali ini saya akan mengambil contoh kolam berukuran 7 x 5 Meter dengan kedalaman 1.5 Meter, ukuran ini sudah cukup besar bagi keluarga yang mempunyai 3 anak.

Harus di ketahui pada dasarnya kolam renang memiliki 2 skema sirkulasi, yaitu input dan output. Pengertian input sirkulasi pada kolam renang adalah untuk menyedot air atau mengambil air, sedangkan output sirkulasi itu sebaliknya yaitu menyemburkan air atau membuang air. Kedua skema ini sangat penting untuk menjaga agar air tetap jernih pada saat kolam dipakai nantinya.


Sebelum jauh melangkah pastinya anda harus mengetahui apa saja alat yang di butuhkan untuk kolam renang skimmer atau overflow, baiklah mari kita kenali alat-alat kolam renang.

Alat Kolam Renang Tipe Overflow

1. Inlet Fitting (output)

inlet fitting berada pada skema output pada kolam renang, berguna untuk menyedot air pada sirkulasi. Letak inlet fitting berada yaitu pada dinding kolam / sisi kolam yang biasanya di tiap sisi ada inlet fitting.

2. Vacuum Fitting (input)

Vacuum fitting berada pada skema input pada sirkulasi kolam renang, yang berguna untuk menyedot air dari area kolam untuk diarahkan ke penampungan air, dan letak vacuum fitting ini berada pada dinding kolam.

3. Maindrain (input)

Tidak bedanya dengan vacuum fitting, Maindrain ini juga berada pada skema input yaitu untuk menyedot air pada area kolam, namun maindrain ini lebih besar dibanding input yang lain. maindrain juga bisa dijadikan alat pembuangan air kolam dan letaknya berada di lantai kolam yang biasanya berada pada sudut kolam bagian bawah.

4. Skimmer Box (input)

Skimmer box juga termasuk skema input pada kolam renang, namun alat ini hanya diterapkan untuk kolam renang tipe skimmer, berguna untuk menyedot air sebagai sirkulasi dan bisa juga untuk pembuangan air pada area kolam, sedangkan letak skimmer berada pada bibir kolam.

5. Check Valve (Output)

Alat satu ini berada di penampungan air / balacintank berguna untuk menyedot air di area penampungan untuk di alirkan ke filter kolam, check valve ini sangat penting peranannya bagi sirkulasi kolam renang.

6. Ball Valve (input & output)

ball valve adalah stop kran yang berada di area penyimpanan mesin kolam renang, berguna untuk mengatur arus sirkulasi air seperti menutup atau membuka arus aliran air.

7. Pompa (input & output)

alat satu ini menjadi peran terdepan dalam kolam renang tanpa alat ini sirkulasi kolam tidak berjalan, Pompa kolam renang sangat berguna untuk mengalirkan air dari penampungan untuk di kembalikan ke area kolam.

Karena sirkulasi kolam renang sangat penting terutama untuk maintenance setiap harinya, untuk menjaga kebersihan air kolam renang.

8. Filter

untuk menjaga kebersihan kolam renang di perlukan alat berbentuk bundar seperti toren air ini, yaitu filter. dimana kegunaan filter ini adalah untuk membersihkan air dari kotoran yang berada di kolam renang.

Filterisasi air menggunakan media pasir yang berada di dalam tabung, sehingga kotoran besar maupun kecil dapat tetampung di filter tersebut, sehingga air yang di keluarkan sudah bersih.


Sebelum anda memutuskan untuk membuat kolam renang, ada baiknya anda pahami alat-alat kolam renang tersebut diatas, bagaimana kegunaannya dan kali ini saya akan juga menjabarkan apa saja alat yang di butuhkan untuk membuat kolam renang.

Anda bisa mempersiapkan atau membelinya jika ingin mencicil satu persatu alat tersebut, tersedia banyak merek. namun merek yang bagus dan saya sarankan adalah merek HAYWARD. Kenapa hayward? karena alat kolam renang yang di keluarkan oleh Hayward menggunakan bahan yang terkuat, sehingga tahan lama hingga puluhan tahun.

Baca Juga : Alat Pembersih Kolam Renang Lengkap

Masih mengambil contoh kolam berukuran 7 x 5 Meter dengan kedalaman 1.5 Meter, ukuran ini sudah cukup. Mari simak alat apa saja yang di butuhkan!


ALAT KOLAM RENANG TIPE OVERFLOW


berikut ini adalah alat yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang tipe overflow :

– 4 Inlet Fitting
– 1 Vacuum Fitting
– 1 Maindrain
– 5 Ball Valve
– 1 Check Valve
– 1 Pompa 3/4 HP
– 1 Filter 16″

Anda dapat membelinya di toko kolam atau anda dapat memesan paket alat kolam DISINI >>>


ALAT KOLAM RENANG TIPE SKIMMER


Ini adalah alat yang di butuhkan untuk membuat kolam renang tipe skimmer :

– 4 Inlet Fitting
– 1 Maindrain
– 1 Skimmer Box
– 4 Ball Valve
– 1 Pompa 3/4 HP
– 1 Filter 16″

Anda dapat membelinya di toko kolam atau anda dapat memesan paket alat kolam DISINI >>>


Alat kolam renang ini adalah yang biasa kami gunakan untuk setiap proyek pembuatan kolam renang, dan mungkin juga yang di pakai para kontraktor lain.

Demikian artikel ini saya buat, mudah-mudahan dapat menambah wawasan pengetahuan kita dalam hal kolam renang, semoga bermanfaat dan jika ada yang tidak di mengerti atau ingin bertanya, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada kami.

Silahkan hubungi kami dan berkonsultasi secara gratis, bisa menghubungi kami lewat link whatsapp di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Ini Membantu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
free geoip