Telpon: 021-77888609
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

Obat Kolam Renang

Setiap pemilik kolam renang pasti menginginkan kolam yang dimilikinya tampak bersih dan jernih. Maka dari itu diperlukan perawatan yang intens baik dengan perawatan secara manual maupun dengan bahan kimia yang aman digunakan. “kolam itu ibarat bayi, jika dibiarkan maka tidak terurus dan bahkan bisa menjadi kotor dan bau.

Tidak panjang bicara langsung saja kita bahas obat apa saja yang biasa digunakan perawatan kolam renang, simak artikel dibawah ini untk lengkapnya.. cekidot..

Jenis-jenis bahan yang digunakan untuk perawatan kolam antara lain :

1. HCL

 

HCL digunakan untuk menurunkan pH dalam air atau Chlorine, bisa digunakan pada saat treatment atau pada saat kelebihan chemical. HCL bisa disebut juga air keras karena memang berkategori untuk membersihkan, sifatnya yang sangat keras menjadikan dia obat yang berbahaya jika terkontaminasi kulit dll.

Anda dapat menggunakan HCL 1 Liter untuk kolam renang berukuran 5 x 9 meter. Dengan cara sirkulasi terus menerus akan membuat obat ini bekerja dengan baik.

2. TERUSI

Berfungsi sebagai algasite, untuk mencegah pertumbuhan lumut juga untuk membirukan air kolam renang. Terusi biasa digunakan pada water treatment pertama kali pergantian air kolam, obat ini sangat berguna untuk mencegah cepatnya pertumbuhan lumut.

Gunakan 1 Kilo Terusi untuk kolam 5 x 9 meter, kemudian nyalakan mesin kolam untuk sirkulasi air dan tunggu beberapa saat terusi akan membaur dengan air dan bekerja membunuh bakteri yang ada pada air kolam. Obat ini berwarna biru dan bertekstur seperti kerikil.

3. PAC (Poly Allumunium Clhoride)

Berfungsi untuk membentuk flokulasi dan partikel dalam air sehingga kotoran akan terikat dan bisa turun ke bawah dasar kolam renang. PAC berguna untuk pembersihan kolam renang sebagai pengikat kotoran pada dasar kolam, setelah penaburan menggunakan obat ini disarankan sore hari setelah kolam di pakai, taburkan pac sebanyak 2 genggam untuk kolam ukurang 5 x 9 meter dan nyalakan mesin sirkulasi.

Esok hari kotoran akan mengendap ke dasar kolam, pac berguna juga sebagai pengikat kotoran pada kolam renang.

4. Tawas

Digunakan untuk menjernihkan air pertama dan untuk membentuk flokulasi dalam air sehingga pengendapan partikel-partikel lebih cepat. gunakan tawas ini cukup 1 kilo untuk kolam ukuran 5 x 9 meter, tawas ini bermacam varian ada yang bentuk bongkahan batu dan serbuk, tetapi semua sama kegunaannya.

Kolam renang yang di taburi tawas harus tetap di sirkulasi agar mendapat hasil yang maksimal.

5. Chlorine Powder 60%

Clorin atau kaporit Digunakan untuk meningkatkan konsentrasi chlorine dalam air hingga mencapai ideal secara cepat dan stabil. kaporit sangat berguna bagi kolam renang terutama untuk menjernihkan air, dan menjaga air tetap stabil tanpa bakteri.

Gunakan kaporit yang 60% keatas untuk kolam renang, agar tidak terlalu tinggi kadar pH nya, karena jika terlalu tinggi dapat merusak air kolam. Ciri air kolam yang tinggi kaporit nya adalah jika dipakai renang mata perih, kulit kusam itu pertanda air kolam sakit.

Segera gunakan soda ash jika kadar air terlalu tinggi, karena banyak efek samping yang dapat disebabkan oleh kadar yang tinggi.

6. TCCA Chlorine granular 90%

Digunakan untuk menjaga agar air tetap bersih dan biru, dengan cara menaburkan bubuk granular ke dalam kolam. tidak ubahnya clhorin powder sebelumnya, granular ini berguna untuk merubah kadar klorin pada air kolam.

7. Soda Ash

Digunakan untuk menjernihkan air. soda ash atau yang di kenal juga soda abu banyak di temukan di material-material terdekat dari anda, soda ash berguna untuk menurunkan kadar pH dan chlorine air kolam renang, soda ash banyak digunakan pada saat water treatment.

Bertekstur seperti pasir dan berwarna putih, masukkan soda ash pada kolam renang yang kadar pH nya sedang tinggi, jangan lupa untuk tetap sirkulasi kolam agar hasilnya bagus.

LANGKAH2 WATER TREATMENT

Untuk proses perawatan, langkah awal treatment yang harus dilakukan : Melakukan uji kadar air kolam terlebih dahulu, hal ini untuk mengetahui apakah di dalam air tersebut banyak zat kapur, zat besi atau jenis zat lainnya.

Pemilihan bahan chemical yang cocok dengan kada air kolam. Untuk bahan-bahan chemical yang umum dipakai bahan diatas. Membersihkan semua bagian kolam dengan sikat dan dilanjut dengan vacuum head dan vacuum hoese. Keseluruhan biasanya memakan waktu antara 6-7 jam.

Demikian pembahasan obat kolam renang pada artikel ini, jika anda membutuhkan obat kolam renang dengan harga murah dapat memesan di nomor whatsapp di bawah ini. Terima kasih

Artikel Ini Membantu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

free geoip