Telpon: 021-77888609
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

Sistem Sirkulasi Plumbing Kolam Renang

Hai semua, apa kabar anda hari ini.. semoga menyenangkan selalu sepanjang waktu nya. hari ini setiap orang sudah sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk hari lebaran Idul Adha, untuk itu. sebelum memulai bahasan artikel kami brayan pool ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah / 2020 Masehi. Selamat hari raya kurban bagi anda yang merayakannya, tetap semangat meski di masa pandemi ini yang entah kapan berakhir.


Dalam hal pembangunan brayan pool terus berkembang ikut membangun sarana dan prasarana, terkhusus kolam renang. Dimana, kolam renang memang tidak termasuk kebutuhan primer namun untuk mengantisipasi anggaran wisata keluarga memiliki kolam renang ini cukup efektif, sehingga dapat di masukan dalam kriteria kebutuhan sekunder.

“Secara garis besar kolam renang adalah keistimewaan tersendiri bagi anda yang telah memiliki nya.”

Bagi anda yang sudah memiliki kecukupan untuk membuat sebidang kolam tidak ada salahnya mempersiapkan pengetahuan terlebih dahulu, mulai dari struktur, fungsional kolam hingga design kolam.

Perlu di ketahui bahwa kolam renang memiliki sebuah struktur yang berbeda dengan kolam biasa seperti kolam ikan atau kolam taman, diantara struktur tersebut yang paling berpengaruh adalah sistem sirkulasi, yang mana sebuah kolam renang yang memiliki sirkulasi yang baik dan benar akan menghasilkan pengairan dan kinerja yang benar pula. Karena sistem sirkulasi adalah darah bagi kolam renang jika menyumpal atau sedikit saja kotor akibatnya semua tidak berjalan.

Kali ini brayan pool akan menjelaskan bagaimana menata sistem sirkulasi pada sebuah kolam renang yang dapat berpungsi dengan baik, namun sebelum lanjut kami menghimbau untuk share artikel ini ke teman anda yang memang membutuhkan.

Perhatikan Gambar Di Bawah Ini, kami akan mengambil contoh kolam tipe skimmer.

Keterangan : IF = Inlet Fitting | SB = Skimmer Box | MD = Maindrain

1. Inlet Fitting, adalah alat yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran air berbentuk bulat berlubang yang biasa di letakan di dinding kolam, air yang di keluarkan oleh inlet ini adalah air bersih yang sudah melewati proses filterisasi.

Dalam pemasangan inlet fitting ini anda harus memperhatikan letak nya, standar nya posisi inlet ini berada 30CM dari bibir kolam dari posisi atas. Kenapa demikian ? yaitu agar semburan air yang di hasilkan menjadi kuat dan akan terlihat seperti arus pada area kolam. Namun jangan terlalu dalam bahkan tinggi, ini akan menyebabkan aliran air tidak bagus.

Untuk kolam renang contoh 8×3 atau pompa berukuran 1HP anda dapat menggunakan 3 – 4 inlet fitting, dan ke 4 inlet ini berada dalam satu aliran pipa penghubung.

2. Skimmer Box, adalah alat penghisap air yang berbentuk kotak lonjong dan ada katup didalamnya, skimmer box ini biasanya berada pada bibir kolam bagian atas di sudut lain (jangan disatukan dengan inlet / vacuum).

Berbeda jenis fungsi dengan inlet, skimmer box ini berfungsi sebagai input air masuk yang di sedot oleh pompa kolam. Skimmer box juga berguna sebagai penyedot kotoran bagian atas, seperti lumut, jamur dll.

3. Maindrain, alat berbentuk bulat ini sangat berperan penting dalam struktur kolam tipe skimmer, berguna sebagai penyedot air seperti skimmer box namun bedanya ini adalah untuk sedot bagian bawah lantai kolam.

Anda dapat memasang maindrain ini pada lantai kolam, dan sejajarkan dengan dasar tidak menjorok atau timbul keatas. Pisahkan pipa aliran sirkulasi nya dengan skimmer box, ini dimaksudkan untuk saat pembersihan kolam renang, ada beberapa fitur opsional saat pembersihan kolam renang nantinya. Perhatikan : “maindrain harus di letakan di titik yang paling dalam”.

Sebuah sistem sirkulasi kolam renang akan terus berjalan biasanya setiap hari menghabiskan waktu hingga 18 Jam perhari, dibutuhkan mesin yang bertenaga yang kuat dan tahan lama dan juga jangan sampai salah dalam pemipaan atau plumbing kolam renang yang mengakibatkan sistem sirkukasi tidak baik.

Perhatikan gambar diatas ; by. Brayan pool

Sistem sirkulasi kolam renang seperti gambar diatas adalah sistem skimmer, ini dapat anda terapkan bagi yang ingin membuat kolam berjenis skimmer. anda dapat membaca perbedaan jenis kolam renang disini:

> Kolam Renang Jenis Skimmer

Kolam akan mudah di bersihkan jika ada vacuum fitting atau skimmer box pada dinding kolam saat pembersihan, anda hanya perlu menyiapkan cleaner set alat pembersih kolam renang yang banyak di jual online maupun offline. saat pembersihan kolam sirkulasi aliran akan berubah fungsi yaitu hanya menyedot, anda hanya perlu menutup ball valve pada aliran inlet fitting dan membuka ball valve pada aliran pembuangan.

Namun juga harus di pahami cara memfilter kolam renang, karena filter banyak pungsi nya jadi anda harus tahu semuanya. untuk itu anda dapat membaca nya disini :

> Cara Merawat Kolam Renang Rutin

Segera wujudkan impian anda memiliki sebuah kolam renang, jangan takut akan kehabisan biaya karena aset bertambah seiring jaman nya waktu rumah yang ada kolam renang akan menjadi incaran bagi mereka di luar sana.

Jika anda rasa kurang puas dengan membaca artikel disini, atau memang ada yang kurang.. silahkan whatsapp kami untuk menanyakan apa yang perlu di pahami chat wa secara gratis. Terima kasih telah datang ke website kami semoga anda terhibur, Salam. @brayan pool

Leave a Reply

Lanjutkan chat
1
Berbicara Dengan Admin !
Halo. Ada Yang Bisa Kami Bantu ..
Silahkan Klik "Lanjutkan Chat" Untuk Melanjutkan Pembicaraan. !
free geoip