Telpon: 08111971308
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.110 - Depok
blog img

Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat tidak tertular penyakit berbahaya salah satu caranya adalah dengan olahraga yang teratur, Dengan olahraga yang teratur dapat menjaga bentuk tubuh dan berat badan tetap proporsional. Semua olahraga apapun itu usahakan harus lakukan secara rutin, apalagi olahraga yang satu ini yaitu Renang.

Berenang sangat baik sekali untuk menjaga kebugaran tubuh, melatih saraf motorik juga melatih otot tangan dan kaki. Dalam ilmu kedokteran renang sangat dianjurkan untuk mengontrol emosional motorik kita, juga membantu kita tetap tenang dan tidak stress.


perawatan kolam renang jakarta


Namun, untuk olahraga ini perlu sarana yang tidak murah, yaitu kita perlu memiliki kolam renang, iya kaan..

Tenang saja, sekarang ini sudah banyak sekali kolam renang umum di sekitaran kita, kadang di hari libur mereka banyak promo bagi pengunjung. namun kekurangan kolam renang umum adalah kita tidak bisa memantau kesehatan air kolam renang nya, tidak seperti kolam renang pribadi yang kita rawat setiap harinya..


Sebelum olahraga renang sebaiknya anda harus memperhatikan kondisi kolam seperti dibawah ini :

1. Jangan berenang di air bau

Jika kolam renang anda mengeluarkan bau tak sedap dan airnya tampak kotor, jangan sekali-kali dipakai oleh anak atau anda sendiri, karena berenang di kolam yang bau tersebut dapat menyebabkan kita terserang berbagai penyakit berbahaya. Disitulah pentingnya perawatan kolam renang rutin untuk menghindari kolam kotor dan bau.

Untuk itu sebelum berenang cek semua kondisi kesehatan air kolam renang, untuk pengecekan anda dapat menggunakan alat Teskit untuk tau kadar air kolam pada saat itu.

2. Jangan berenang jika ada luka

jika kondisi tubuh anda sedang kurang sehat bahkan ada luka, jangan berenang di kolam renang karena pada saat seperti itu, karena selain menambah gangguan penyakit juga bisa menyebarkan kuman di air kolam yang dapat menularkan pada perenang yang lain.

Sebaiknya tunggu sampai luka itu benar-benar sembuh agar kolam renang tetap sehat dan tidak tertular.

3. Batasi waktu renang

Memiliki kolam renang sendiri memang sangat bahagia sehingga membuat kita lupa berapa lama kita sudah berada di dalam air. namun tahukah anda? berenang yang telalu lama dapat menyebabkan dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuh kita, karena tekanan yang terus menerus.

Batasi waktu renang anda antara 15 – 60 Menit saja, untuk pemula dapat lakukan sekitar 20 menit saja, gunanya pembatasan waktu ini adalah mengukur kekuatas otot radang di dalam tubuh kita.

Juga ada faktor yang penting sebelum memulai berenang yaitu minumlah yang banyak dan mulailah dengan pemanasan terlebih dahulu, kegunaannya adalah menghindari kram pada otot-otot kita terutama pada kaki.


Kenapa setelah berenang kulit menjadi kering??

Inilah penyebabnya mengapa kulit menjadi kering setelah berenang seharian, penyebab pertama adalah adanya zat kimia di air kolam renang yang dapat merusak kulit dan rambut.

Zat kimia ini berbahaya jika kita terlalu lama bersentuhan dengannya, bahkan bisa merusak kesehatan kulit dan rambut bisa menjadi rapuh.

Perlu anda ketahui bahwa setiap orang melakukan perawatan kolam renang itu menggunakan obat kolam renang yaitu zat kimia seperti Tawas, Kaporit 90%, Granular 60%, Soda Ash, Terusi, PAC, Kaporit tablet dan tawas bongkah. Nah, bahan kimia tersebutlah yang langsung bersentuhan dengan anda saat berenang.

Penanganannya anda bisa menggunakan Sunblock 1 jam sebelum berenang dan mandi bersih setelah anda berenang, gunakan sabun dan shampo yang dapat membersihkan zat kimia dari tubuh anda.

Perhatikan tips diatas tersebut dan semoga bisa menambah wawasan kita dalam dunia renang, penting sekali agar anda tidak terjebak dalam penyakit setelah berenang seharian, untuk itu sangat disarankan untuk anda merawat kolam renang rutin setiap minggunya atau anda bisa menggunakan jasa perawatan kolam renang agar kadar air tetap normal dan sehat.

Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang zat kimia yang terkandung di air kolam renang, apa saja kegunaan dan bahaya nya, mari simak terus artikel ini.


PAC

PAC (Poly Aluminium Chloride) obat kolam renang yang berwarna kuning dan bertekstur serbuk basah, PAC digunakan biasanya pada water treatment kolam untuk pertama kali namun saat perawatan terkadang di pakai sesekali dimana saat pH & Clhorine air kurang baik.

Dikutip dalam situs Wikipedia.com PAC adalah asam klorida larutan akuatik dari gas hidrogen klorida dan merupakan komponen utama dalam asam lambung. Asam klorida harus ditangani dengan mewanti keselamatan yang tepat karena merupakan cairan yang sangat korosif.

Pemakaian yang berlebihan dan tidak sesuai ukuran pada air kolam renang dapat mempengaruhi rusaknya kadar air yang menyebabkan kolam renang tidak sehat. Sekali lagi anda membutuhkan teskit yaitu alat ukur kadar air kolam renang untuk mengetahui berapa kadar ph & Chlorine nya kemudian baru anda dapat menambahkan atau tidak nya.

TERUSI

Terusi adalah zat kimia untuk merubah warna air, terusi anhidratnya berwarna abu-abu atau hijau pucat. dan pentahidratnya berwarna biru terang dan bertekstur kristal warna biru, nah terusi pentahidrat inilah yang digunakan untuk perawatan kolam renang. selain merubah warna air terusi ini juga mikro organisme yang hidup dalam air yang dapat membunuh bakteri jahat dalam yang hidup di air.


Selain itu terusi berfungsi sebagai algasite, untuk mencegah pertumbuhan lumut.


Untuk penggunaan terusi ini biasa di lakukan saat water treatment pertama kali, selama air kolam renang berwarna biru anda tidak perlu menambahkan zat kimia ini kecuali ada penambahan air kolam seperti setelah air hujan masuk dll.

TAWAS

Tawas adalah zat kimia berwarna putih dan ada dua tekstur untuk tawas ini, yaitu tawas bubuk dan tawas bongkah.

Obat kolam ini berguna untuk menjernikan air yang keruh, dengan mode pengendapan partikel ke dasar air sehingga membuat air menjadi seperti semula. Zat kimia ini tidak berbahaya bahkan jika untuk air sumur sekalipun masih bisa di pakai airnya.

Penggunaan batu atau bubuk tawas ini sangatlah mudah, anda hanya perlu memasukan zat kimia ini ke air yang keruh tunggu hingga 4 jam dan tawas akan membawa partikel yang membuat keruh kedasar kolam atau sumur. Namun jika untuk air sumur agar bisa di konsumsi butuh waktu hingga 8 jam atau lebih, jangan baru memasukan tawas ke air langsung di konsumsi yah.

Kegunaan lainnya adalah tawas ini berguna sebagai deodorant, seperti kebanyakan orang menggunakan tawas ini sebagai obat bau badan menjadikan zat kimia ini sebagai bedak atau serbuk untuk membunuh bakteri pada ketiak, namun admin tidak menyarankan tawas digunakan sebagai deodorant oleh anda karena admin bukanlah dokter atau pakar yang mengerti akan bedak tawas.

BACA JUGA : Cara Menjaga Air Kolam Tetap Jernih

SODA ASH

Tidak ubahnya seperti tawas, soda ash ini juga berfungsi sebagai penjernih air kolam renang namun soda ash ini lebih banyak kegunaan nya, biasa digunakan untuk water treatment yaitu untuk menurunkan kadar pH & Clhorine pada air, desinfektan, anti lumut dan membunuh bakteri.

Soda ash ini berwarna putih dan bertekstur bubuk seperti butiran kecil, biasa nya dalam satu kali perawatan kita membutuhkan zat kimia ini namun juga tergantung saat pengecekan kadar air.

KAPORIT

Kaporit biasa di sebut dalam bahasa inggris Chlorine Powder adalah serbuk putih halus yang beraroma tidak enak, namun kegunaannya sangat penting.

Jika Soda Ash menurunkan kadar pH & Chlorine, si kaporit ini justru kebalikannya yaitu untuk meninggikan kadar pH & Clhorine pada air kolam renang, caranya dengan menaburkan pada sisi-sisi kolam tunggu hingga larut.

Namun sebelum menggunakannya anda harus mengecek kadar air dengan menggunakan teskit.


test kit kolam renang

Dapat Dibeli Disini !


Setelah anda mengerti tentang air kolam yang berbahaya dan perawatan kolam renang dengan penambahan obat water treatment, ini saatnya anda memberi masukan kepada kami seberapa pentingnya tulisan ini.

Perlu diketahui pemilihan bahan chemical yang cocok dengan kada air kolam umumnya para jasa perawatan kolam memakai bahan diatas. Dilanjutkan dengan membersihkan semua bagian kolam dengan sikat, vacuum head dan vacuum hose. Lamanya perawatan kolam biasanya memakan waktu antara 30-1 jam.

Bagi anda yang ingin mencari jasa perawatan kolam renang, kami siap terjun untuk daerah JABODETABEK saja. sudah 150 lebih kolam rawatan kami, untuk mengetahui berapa harga nya anda dapat berkonsultasi langsung dengan admin kami dibawah ini secara gratis.



Terima kasih telah bersedia mampir ke website kecil kami, jangan lupa share ke teman yang memiliki kolam agar menambah sedikit wawasan. @BrayanPool

WhatsApp CHAT!
free geoip