Telpon: 021-77888609
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

Cara melakukan perawatan kolam renang setelah treatment awal. Dibutuhkan agar selalu menjadikan kolam renang kita sehat dan terhindar dari penyakit. Dan juga menjaga biaya kolam renang kita tetap murah karena lebih mahal biayanya jika kita mengganti air pada kolam.

Berikut ini tips cara perawatan kolam renang setelah treatment awal :

  • Beri obat kolam renang seminggu 2x dan selalu cek PH dan Clhorine supaya pada posisi tetap ideal sebelum memberi obat
  • Bersihkan dan ambil kotoran yang berada di atas kolam agar tidak saat vacuum kolam berjalan lancar
  • Posisi filter saat pemacuman harus berada di posisi bacaan FILTER
  • Jika setelah selesai memfilter dan air dalam kondisi bening masukan kaporit TABLET 1 atau 2 sesuaikan ukuran kolam dan kebutuhan
  • Selalu periksa ukuran air pada kolam supaya tetap berada pada posisi normal
  • Bersihkan lantai dan dinding keramik dari flek hitam dan jangan biarkan flek tersebut lama berada disana karena jika lambat membuang nya dapat menjadikan flek mengeras dan susah di hilangkan.
  • Jalan sirkulasi minimal 8 jam /hari
  • Lakukan langkah ini seminggu 2 kali dengan langkah-langkah yang benar

Namun jika anda belum mengerti dengan cara treatment awalnya, anda bisa membaca tips dibawah ini:

TREATMENT AWAL KOLAM RENANG

Tips awal tentang menjernihkan air kolam renang pada saat pertama kali kolam renang di isi air, kolam renang dapat di isi dengan menggunakan kran rumah dan juga bisa dari air tangki. Namun memang berbeda kadar air kran dengan tangki, sehingga perlu adanya treatment awal.

Lakukan tahapan ini untuk melakukan treatment awal pada air kolam renang :

1. Posisikan mesin OFF / dimatikan kemudian putar tuas filter pada posisi CIRCULATE
2. Masukan kaporit 60% sebanyak 3kg yang telah di larutkan dalam ember
3. Kemudian masukan Soda Ash 3kg (sama seperti kaporit, aduk terlebih dahulu dalam ember)
4. Tunggu beberapa saat hingga kolam berwarna putih menyeluruh
5. Nayalakan mesin dan tunggu beberapa menit, biarkan air berputar pada sirkulasi kolam
6. Jika sudah pada batas waktu yang di tentukan matikan mesin kolam
7. Tunggu hingga 1 hari dan biarkan kolam jangan di apa-apain hingga terlihat endapan pada dasar kolam
8. Jika sudah ada endapan di kolam renang, lanjutkan langkahnya yaitu pemacuman dengan posisi filter WASTE dan buka keran pembuangan supaya endapan terbuang keluar
9. Lakukan WASTE tersebut sampai endapan benar-benar habis
10. Biasanya butuh waktu 3-4 kali WASTE baru endapan benar-benar bersih, lakukan dengan benar
11. Setelah itu isi kembali air dengan kran sesuai dengan ukuran kolam, kemudian cek kadar air kembali
12. tambahkan obat kolam yang diperlukan dan lalu jalankan mesin kolam pada posisi FILTER


Baca Juga Artikel :
Alat Pembersih Kolam Renang

Beli Obat Kolam Renang Disini !


Begitu selanjutnya hingga kolam renang bersih. Tentusaja anda harus memahami pula kenapa kadar klorin kita berkurang / bertambah selalu pada kolam renang. Ini bisa menjadi penyebab kolam renang anda terasa gatal karena kotor dan bau. Pahami kadar air sebelum melakukan treatment.

PENYEBAB MENURUNNYA KADAR CLHORINE DI KOLAM RENANG

Pernahkan anda melihat dan mengecek air kolam renang yang setiap dilihat seperti kadar klorin nya hilang, yang mengakibatkan air kolam bisa cepat rusak jika kita lupa memberikan kimia pada kolam renang kita seperti kaporit.

Pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman tentang penyebab turunnya kadar klorin di kolam renang.

Yang pertama kita perlu ketahui adalah bahwa jika kita menambahkan air pada kolam renang, atau bertambah akibat hujan itu bisa merubah kadar klorin turun. jadi kita harus benar-benar memastikan cek kadar air dengan mennggunakan alat cek kadar air (test kit).

Selain itu, penyebab kadar klorin turun bisa juga akibat banyaknya kotoran pada kolam renang, bahkan membusuk nya sampah daun, bunga, atau partikel lain yang jatuh pada kolam renang bisa membuat penyebab klorin turun walau tidak terlalu besar namun penyebab ini bisa membuat jengkel kalau kita tidak mengetahuinya. jadi pastikan untuk mengangkat kotoran pada kolam renang sehingga tidak menjadi busuk.

FUNGSI MPV ATAU HANDLE MESIN KOLAM RENANG

filterisasi kolam renangSebelum kita melakukan perawatan kolam renang sebaiknya memahami fungsi-fungsi handle supaya tidak terjadi kesalahan dalam menjalankan mesin kolam tersebut. Berikut fungsi handle mesin kolam renang :

1. FILTER

Jika kita memposisikan handle ke posisi FILTER ini berfungsi melakukan penyaringan secara normal yaitu air akan tersaring atau sersirkulasi melalui pasir yang ada di tabung mesin. posisi ini biasanya dilakukan pada saat posisi normal atau juga pada saat kita memacum.

2. CIRCULATE

Jika memposisikan handle ke posisi CIRCULATE ini berfungsi pada air kolam yang akan bersirkulasi hanya melalui pipa instalasi dan tidak melalui pasir yang ada di tabung mesin kolam. posisi ini biasanya dilakukan pada saat awal treatment dengan memasukkan kimia untuk mengendapkan air yang keruh.

3. BACKWASH

Jika kita memposisikan handle ke posisi BACKWASH ini berfungsi untuk mencuci filter mesin kolam renang. posisi ini biasanaya dilakukan jika kita sudah melakukan vacum kolam renang tersebut.

4. RINSE

Jika kita memposisikan handle ke posisi WASTE ini berfungsi untuk membilas filter setelah melakukan BACKWASH dan posisi ini wajib dilakukan jika kita sudah melakukan BACKWASH

5. WASTE

Jika kita memposisikan handle ke posisi WASTE ini berfungsi pemacuman pada saat treatment awal untuk membuang endapan kotoran yang berada dibawah atau juga berfungsi pada saat ada kotoran yang banyak.

“Perlu diingat jika kita ingin melakukan over posisi handle, pastikan colokan listrik atau stop kontak listrik wajib pada posisi mati. atau matikan mesin pada saat merubah posisi handle, jika tidak bisa berakibat kerusakan fatal”.

“Dan perlu diingat jika kita memposisikan handle pada BACKWASH, RINSE atau WASTE kran pembuangan harus dibuka supaya air yang dibuang dari proses pembilasan atau pembuangan endapan bisa keluar, jika kita lupa membuka keran pengeluaran ini bisa berakibat kerusakan pada filter dan saluran pipa”.

Untuk lebih teliti dalam sirkulasi kolam renang kita harus memiliki ilmu agar paham dalam permasalah sirkulasi air, karena sirkulasi yang benar akan menjadikan air kolam kita sehat dan tidak berpenyakit.

MASALAH MESIN KOLAM YANG TIDAK KELUAR AIR SIRKULASI

Kemungkinan yang terjadi adalah :

  • Karena terjadi kerusakan pada mesin, barangkali ada bagian part pada mesin yang harus diganti.
  • karena skimmer box yang berada di sisi kolam tertutup sampah dsb.
  • Karena kekurangan air pada kolam type skimmer sehingga mesin masuk angin.
  • karena pipa saluran air masuk sampah atau kotoran yang bisa menyebabkan saluran tersumbat.

Cara Perawatan Kolam Renang Setelah Treatment Awal

  1. Beri obat kolam renang seminggu 2x dan selalu cek PH dan Clhorine supaya pada posisi tetap ideal sebelum memberi obat
  2. Bersihkan dan ambil kotoran yang berada di atas kolam agar tidak saat vacuum kolam berjalan lancar
  3. Posisi filter saat pemacuman harus berada di posisi bacaan FILTER
  4. Jika setelah selesai memfilter dan air dalam kondisi bening masukan kaporit TABLET 1 atau 2 sesuaikan ukuran kolam dan kebutuhan
  5. Selalu periksa ukuran air pada kolam supaya tetap berada pada posisi normal
  6. Bersihkan lantai dan dinding keramik dari flek hitam dan jangan biarkan flek tersebut lama berada disana karena jika lambat membuang nya dapat menjadikan flek mengeras dan susah di hilangkan.
  7. Jalan sirkulasi minimal 8 jam /hari
  8. Lakukan langkah ini seminggu 2 kali dengan langkah-langkah yang benar

Demikian artikel ini kami susun untuk memberi pemahaman kita semua tentang filterisasi kolam renang yang benar, agar mesin kolam renang tidak mudah rusak dan awet. Terima kasih

Leave a Reply

Office : Jl. RM. Sudiyanto No.111 Grogol Kec. Limo - Kota Depok.
Kontraktor Kolam Renang Bergaransi +10 Tahun, Brayan Pool @1998 Ready to Cooperate