Telpon: 021-77888609
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

Kenali Alat Rawat Kolam Renang

Kebersihan kolam renang merupakan prioritas utama bagi pemilik, selain menjauhkan dari penyakit juga memberi kenyamanan serta keindahan.

Demi menjaga kebersihan kolam pemilik haruslah memiliki alat penunjang kebersihan yaitu alat pembersih kolam yang biasa di sebut cleaner set yang terdiri dari beberapa alat, seperti vacuum hose, vacuum head, stik kolam, sikat kolam, serokan daun, alat cek kadar air dan lain sebagainya.


Seberapa penting merawat kolam ? Baca Ini … Wajibkan Perawatan Kolam Renang?


Pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa saja peralatan kebersihan kolam renang dan kegunaannya, rangkaian pembersih kolam renang terbagi menjadi dua yaitu alat manual dan otomatis. Namun kebanyakan orang yang memiliki kolam pastinya memilih alat manual, karena alat ini di rancang untuk memudahkan dalam melakukan pembersihan kolam dengan optimal, terbuat dari bahan plastik dan anodized alumunium berkualitas tinggi, sangat praktis dan ekonomis untuk menjaga kolam tetap bersih.

perawatan kolam renang

Sebelum lebih jauh sebaiknya anda kenali terlebih dahulu peralatan kolam renang, di bawah ini adalah alat kebersihan yang biasa digunakan:

1. Vacuum Hose (Selang kolam)
2. Vacuum Head (Alat penyedot kotoran)
3. Telescopik (Stik Kolam Penyangga)
4. Pool Brush (Sikat kolam renang)
5. Leaf Skimmer (Serokan daun)
6. Leaf Rake (Serokan kantong lebar)
7. Test Kit (alat cek kadar air)

Ketujuh alat diatas adalah yang biasa digunakan untuk membersihkan seluruh area kolam, baik diatas maupun di dasar kolam. Namun karena ini alat berjenis manual sehingga perlu alat penyedot nya yaitu pompa, namun bisa menggunakan pompa kolam renang yang biasa, kita hanya perlu menyambung selang kolam dengan pipa inlet fitting atau saluran penyedot pada kolam renang.

Selain itu kolam renang juga memerlukan mesin disinfektan untuk membantu mengontrol pertumbuhan jahat, virus dan mikro organisme yang berdampak buruk bagi kesehatan, agar air kolam renang anda menjadi lebih jernih dan sehat, di jaman canggih ini sudah banyak produsen alat kolam renang menciptakan mesin disinfektan kita bisa enjumpai banyak merek dan masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menjaga air kolam renang anda.

Bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara membersihkan kolam renang yang benar, dan bagaimana pengoperasian ketujuha alat kolam renang diatas. berikut ini adalah caranya :

1. Pilih vakum kolam

Vacuum Head atau alat hisap kolam digunakan untuk membersihkan lantai kolam. Ada berbagai macam pengisap kolam tergantung pada jenis kolam dan kebutuhan pribadi. Kami disini tidak merekomendasikan penggunaan pembersih yang otomatis karena seringkali menyedot benda seperti batu, yang dapat merusak sistem filter. Pembersih otomatis memiliki tekanan yang terhubung ke jet pompa kemudian lanjut kedalam sistem filtrasi kolam, dan bekerja dengan menghilangkan kotoran dari air yang disaring dan menempatkannya dalam kantong atau keranjang sampah hanya sekali pakai dan bisa di bersihkan kembali.

Namun, metode ini mengharuskan Anda untuk memfilter. Pembersih otomatis paling efisien adalah pembersih robotik. Unit mandiri ini mengelilingi dasar kolam dan mengumpulkan kotoran. Namun, metode ini menghabiskan banyak uang. Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan cangkir hisap kolam manual. Anda bisa membeli alat ini secara online atau di toko kolam renang. Penyedot debu ini dilengkapi dengan buku petunjuk yang harus dibaca saat memasang dan menggunakan alat.

2. Siapkan alat hisap

Setelah Anda memilih penyedot debu kolam yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, persiapkan kit Anda. Kebanyakan pengisap kolam dilengkapi dengan manual yang harus dibaca.

Untuk hisap manual, biasanya ada cara untuk memasang kepala hisap ke tiang teleskopik. Selanjutnya, Anda perlu menurunkan kepala pengisap ke dalam kolam. Setelah itu, sambungkan selang ke kolam renang, pastikan semua udara telah keluar dari selang sebelum memasangnya pada pompa yang dilengkapi dengan hand suction. Jika masih ada udara di dalam selang, dapat merusak pompa Anda.

Biasanya Penyedot debu selalu dilengkapi dengan manual pabrikan namun ada juga yang tidak. Jika Anda kurang yakin bagaimana cara menggunakan pompa hisap, biasanya ada nomor telepon di boks yang bisa Anda hubungi.

3. Vakum kolam Anda Mundur Maju

Cara ini sangat umum dan setiap orang menggunakan cara ini, yaitu gunakan penyedot debu kolam renang dan gerakan mundur maju seperti membersihkan debu dari karpet rumah. Pindahkan alat di sekitar dasar kolam, perhatikan dan ulangi pada bagian kotoran yang membandel. Untuk beberapa pembersih otomatis, Anda tidak perlu menyedot sendiri kolam. hanya perlu mengerahkan mesin saja, dan bisa di sesuikan dengan keinginan.

Demikian sedikit informasi atau pengetahuan dari kami untuk mengatasi pembersihan kolam renang, dan informasi alat cleaner set. Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar kolam renang dapat bertanya kepada kami dengan kontak yang telah tersedia di website kami.

Penulis
Anto

Leave a Reply

Kantor : Jl. RM. Sudiyanto No.111 Mampang Kel. Grogol Kec. Limo - Kota Depok.
Kontraktor Kolam Renang Bergaransi +10 Tahun, Temukan Jasa di Brayan Pool @1998 Ready to Cooperate