Telpon: 021-77888609
Kantor: Jl. RM. Sudiyanto No.111 - Depok
blog img

Memiliki kolam renang tentunya sudah menjadi dambaan setiap orang, bahkan keadaannya kini dapat di bilang sebagai aksesoris rumah. Di wilayah pemukiman Kota hingga Desa kini kita banyak jumpai kolam renang pribadi maupun umum.

Bagi sebagian kalangan orang memiliki kolam renang adalah hal yang perlukan terutama mereka yang memiliki orang tua yang membutuhkan terapi ataupun anak-anak yang ingin tumbuh kembang dengan berenang, tak dapat dipungkiri di tahun 2020 ini orang berlomba menabung untuk investasi satu ini.


Namun bagi anda yang sudah memiliki kolam renang impian tersebut jangan melupakan bahwa hal kedua yang di perlukan adalah perawatan kolam, karena jika tidak dijaga dan dirawat kolam dapat kotor, bau dan bahkan dapat menimbulkan banyak penyakit jika tidak dirawat. Untuk menjaga kualitas air, aksesoris dan juga peralatan kolam renang. Kolam yang tidak terawat akan merugikan bagi si pemilik, akan mengeluarkan biaya yang besar lagi jika suatu saat nanti kolam ingin digunakan setelah tidak adanya perawatan berkala.


Banyak jenis penyakit kolam renang yang dapat menyebabkan kolam renang berbusa, berkabut, berwarna hijau bahkan keruh.

Dalam kesempatan kali ini admin akan menjelaskan secara rinci apa saja penyebabnya dan cara merawatnya, baca hingga habi artikel ini untuk mengetahui dan mendapatkan ilmu mengatasi kolam renang kotor.

1. Mengatasi Kolam Renang Berbusa

Kolam renang yang airnya berbusa sudah pasti menjengkelkan, tidak sedap dipandang mata bahkan memang adanya bakteri di dalam air kolam yang berbusa tersebut, selain berbusa air kolam berbusa juga kuning karena sebab utama tadi yaitu air nya berbusa.

penyebab kolam renang berbusa


Untuk itu hindari berenang untuk sementara waktu pada air kolam yang berbusa dan lakukan perawatan maksimal hingga kolam kembali normal, penyakit ini sering kita jumpai pada kolam renang yang di luar ruangan atau outdoor, namun demikian tidak jarang pula kolam indoor mendapati penyakit kolam ini.

Kolam renang berbusa dapat di tandai dengan adanya busa-busa kecil atau bahkan cukup besar seperti sabun, ketika digunakan untuk berenang makan semakin banyak gelembung menumpuk pada sisi-sisi kolam, jangan biarkan ini terjadi karena jika lama kelamaan akan menjadi lumut berkerak dan membuat air kolam nya mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk membersihkan air kolam renang berbusa cukuplah mudah, anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu mendatangkan jasa perawatan jika memang anda pahami. Caranya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Matikan sementara mesin kolam kemudian angkat gelembung-gelembung di sudut kolam dengan leaf skimmer hingga keseluruhan bersih.

Langkah 2 : Buka tabung filter dan bersihkan isi filter dari endapan kotoran, sisi dalam filter dan pasir atau bahkan ganti pasir silika yang baru jika memang di perlukan, Tutup kembali setelah benar-benar bersih.

Langkah 3 : Angkat busa-busa yang sudah menjadi lumut biasanya menempel pada dinding, gunakan sikat kolam untuk hasil lebih maksimal.

Langkah 4 : Masukan obat kolam yaitu granular dan soda ash masing-masing sebanyak 1/2 Kilogram untuk kolam 6×3 Meter dan 1 Kilogram untuk kolam ukuran lebih dari itu, Fungsi soda ash adalah menghilangkan bau sedangkan granular untuk mengembalikan kadar air.

Harus diketahui bahwa anda harus membatasi pemakaian terusi (pembiru air) agar air kolam tidak cepat berbusa, pemberian dapat dilakukan minimal 1 genggam terusi untuk 2 minggu pemakaian.

BACA JUGA :

2. Mengatasi Kolam Renang Berkabut

Tidak ubahnya kolam renang berbusa, kolam renang berkabut juga sangat menjengkelkan bagi pemilik terutama jadi tidak enak di pandang mata, Air kolam renang yang berkabut biasanya di sebabkan karena kadar pH yang terdapat pada air kolam tersebut di bawah kadar Clhorine, atau tidak seimbang bahkan lebih dari batas ideal pH & Clhorine air.

penyebab kolam renang berkabut


Untuk menghilangkan kabut anda dapat ikuti dengan cara di bawah ini :

Langkah 1 : Cek kadar air dari pH & Chlorine anda dapat menggunakan Teskit kadar air, ikuti cara penggunaan teskit yang benar dan perhatikan secara detail.

Langkah 2 : Lakukan vacuum, bersihkan keseluruhan kolam renang, lantai dan dinding, anda dapat menggunakan cleaner set alat vacuum kolam renang.

Langkah 3 : Bersihkan basket strainer atau keranjang sampah pada pompa dan saluran air.

Langkah 4 : Setelah anda mengetahui langkah 1 anda dapat menambahkan obat kolam sesuai dengan takaran yang diperlukan (pahami petunjuk langkah 1).

Langkah 5 : Masukan granular / kaporit untuk meninggikan kadar pH (sesuai langkah 1).

Langkah 6 : Masukan soda ash / PAC untuk menurunkan kadar pH (sesuai petunjuk langkah 1).

Perhatian, pada saat anda menaburkan kaporit gunakan yang 90% pada air kolam renang, taburkan secukupnya saja jangan sampai berlebihan karena jika tidak sesuai maka air kolam renang malah akan berwarna kuning. jika anda menggunakan kaporit tablet cukup gunakan 2-3 tablet saja.

Setelah langkah 1-6 selesai, hidupkan mesin kolam untuk filterisasi dan biarkan hidup minimal 8 Jam, secara otomatis obat akan bekerja pada system filter kolam renang anda.

3. Mengatasi kolam renang berwarna hijau

Bagi anda yang belum berpengalaman pada pembersihan kolam renang, dan kurangnya ilmu takaran obat kolam yang tidak sesuai akan mengakibatkan kolam renang berwarna hijau gelap.

penyebab kolam renang berwarna hijau


Umumnya air kolam renang yang berwarna hijau di sebabkan oleh banyaknya alga di dalam air, zat klorofil yang di keluarkan alga tersebut lah yang membuat air kolam renang terlihat hijau, namun ada juga faktor lain sebagai penyebabnya.

Kenali penyebab air kolam renang berwarna hijau di bawah ini :

– Sistem filterisasi yang gagal

Sistem filtrasi yang salah pada kolam renang akan menyebabkan air kolam cepat sekali berwarna hijau, itu di sebabkan karena sistem filter tidak dapat menyaring debit air yang ada di kolam.

Untuk itu gunakan alat filterisasi yang sesuai dengan debit air yang ada, sesuaikan semua alat kolam dengan standart yang dapat mampu memfilter dengan benar.

– Pemakaian Chemical yang salah

Sepeti pada kasus diatas, pemberian chemical atau obat kolam yang salah atau tidak tepat juga dapat menyebabkan air kolam berwarna hijau gelap, mengapa demikian ?

Ini dikarenakan kadar air yang tidak sesuai pH & Clhorine nya, sebaiknya lakukan pengecekan (seperti langkah diatas) sebelum anda memberikan obat pada kolam.

– Faktor Cuaca

Bagi anda yang memiliki kolam renang outdoor akan lebih sering menjumpai kolam renang berwarna hijau seperti ini, karena kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi air kolam renang.

Jika cuaca hujan maka air nya masuk dan menggantikan air kolam yang telah tercampur kimia terbuang, sehingga akan menimbulkan pH air berubah. Juga saat berangin meniup kencang sehingga menyebabkan banyak kotoran masuk ke kolam renang dan dibiarkan membusuk disana, itupun dapat menyebabkan air kolam renang berwarna hijau gelap. jangan biarkan itu terjadi.


Dari penjelasan diatas, mengatasi kolam renang kini dapat di lakukan sendiri dirumah tanpa harus mendatangkan ahli kolam renang (jika ringan), namun memang tentunya kita harus benar-benar mengerti.

Mengerti dan Teliti adalah hal yang utama bagi perawatan kolam renang, Demikian artikel ini kami buat semoga bisa bermanfaat bagi anda semua dalam menjaga kolam renang aset anda.

Namun jika belum mengerti tentang perawatan kolam renang atau anda ingin memakai jasa perawatan kolam renang anda dapat berkonsultasi di bawah ini :

Lanjutkan chat
Berbicara Dengan Admin !
Halo. Ada Yang Bisa Kami Bantu ..
Silahkan Klik "Lanjutkan Chat" Untuk Melanjutkan Pembicaraan. !
free geoip